Jumat, 04 Mei 2012

Cara mengecat gitar menggunakan Pylox


Untuk kalian teman gitaris dan kalian yang sudah bosan dengan warna gitar yang cuma gitu gitu aja ??
BINGUNG apakah pylox bagus untuk bahan dasar pengecatan ?
Kali ini gue mau berbagi pengalaman gue tentang bagaimana cara mengecat gitar, dan beberapa prosedur yang harus kalian lakukan sebelum menuju proses pengecatan SEBAGAI BERIKUT :
dari pengalaman gue cat mengecat gitar pakai pylox, bisa-bisa saja, tergantung seberapa baiknya sistimatika urutan kerja kita serta proses pengampelasan, tahap-tahap warna hingga coating akhir sampai polishing

jadi kalau mau bagus hasilnya, maka susun dulu deh s.o.p. nya.

S.O.P. adalah STANDARD OPERATION PROCEDURE
yang berupa rencana urutan kerja lengkap hingga penggunaan alat serta grading penggunaan ampelas sesuai dengan urutan layer masing-masing sejak primer surfacer, pewarnaan hingga final coating

SINGKATNYA:
1. seluruh permukaan yang akan di finish harus bersih dari minyak/keringat, jadi usahakan kerja menggunakan sarung tangan.
2. apply coating pertama, untuk menutup pori-pori kayu, mungkin masih ada lubang-lubang, jadi memerlukan beberapa layer agar seluruh permukaan bisa tertutup dengan baik hingga ke pori-porinya.
3. woodfiller tidak disarankan, apabila akan mewarna guitar natural atau sunburst.
4. setelah kering dihaluskan dengan grade ampelas yang lebih tinggi dari grade sebelumnya, kemudian lapis lagi dengan primer coating.
5. kemudian setelah kering, evaluasi lagi seluruh permukaaan, apabila sudah oke maka apply warna hingga rata.
6. setelah itu coating akhir dengan clear high gloss, berlapis-lapis, mohon sabar agar hasilnya bagus, jadi setiap lapis harus benar-benar kering, baru kemudian di semprot lagi.
7. biarkan kering minimal 2 - 3 hari.
8.terakhir tinggal di polish.

itu semua menggunakan pylox, dan gue rasa hasilnya tidak kalah bagus bila kita mengecat di bengkel cat gitar.
oke sekian, semoga tips yang baru gue berikan bermanfaat :D

1 komentar: