Kamis, 10 Mei 2012

Mahluk Mitologi dalam Legenda


 Menurut gue mahluk atau hewan dalam mitologi legenda itu patut sekali untuk kalian ketahui.
Jadi dalam postingan kali ini gue akan membahas mahluk atau hewan tersebut.
Langsung saja kalian bisa lihat di bawah ini :D . CHECK THIS OUT :




MINOTAUR.

 Dalam mitologi yunani, Minotaurus (yunan: Μινόταυρος, Minótauros) adalah monster berbentuk manusia yang berkepala sapi. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan Minos, Raja Kreta. Karena banteng yang harus dia berikan kepada Dewa Poseidon, ia sembunyikan.Sehingga Poseidon menjatuhkan kutukan kepada istri Minos.Istri Minos dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut.Dengan meminta bantuan dari Daedalus,untuk dibuatkan tiruan banteng betina.Dia kemudian masuk ke dalam banteng tiruan, untuk bercinta dengan banteng tersebut.Maka dia mengandung bayi dari hubungannya dari banteng tersebut,yaitu Minotaurus.Monster ini tinggal di tengah labirin yang rumit yang dirancang oleh arsitek Daedalus untuk menyimpan sang Minotaurus. Setiap tahun, penduduk Athena mengirim tujuh pemuda dan tujuh gadis sebagai korban supaya tidak diserang oleh Minotaurus. Monster ini akhirnya dibunuh oleh Thesus, pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelumnya, Thesus jatuh cinta pada Ariadne, putri Raja Kreta, yang memberinya pedang dan segulung benang. Thesus menggunakan benang itu untuk menyelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit.



  BASILISK.



(yunani: βασιλίσκος basiliskos, raja kecil) adalah reptil dalam legenda eropa yang dikenal sebagai raja ular dalam mitologi (serpent) dan memiliki kemampuan untuk menimbulkan kematian bila menatapnya.

Bila dideskripsikan, basilisk adalah kadal besar, ular raksasa atau ayam jantan setinggi tiga kaki dengan ekor dan gigi ular. Deskripsi ini mirip dengan cockratice Basilisk disebut raja karena ia digambarkan memiliki mitre - atau tonjolan tengkorak berbentuk mahkota. Cerita-cerita tentang basilisk hampir sama dengan cockatrice. Dilegendakan, basilisk berasal dari telur ular yang ditetaskan ayam jantan (kebalikan dari cockatrice yang berasal dari telur ayam yang dierami oleh ular.




PHOENIX.

dalam mitologi mesir adalah burung yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. Burung api dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, burung api membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung burung api muda. Siklus hidup burung burung api seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.

Burung api merupakan simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati.

Burung api menjadi simbol suci pemujaan terhadap Dewa matahari di heliopolis,mesir. Burung burung api simbol dari "Dewa matahari -Ra".




CERBERUS.

Cerberus atau Kerberos (yunani: Κέρβερος, Kerberos, "iblis dari liang" ) adalah makhluk dari mitologi yunani, hewan peliharaan hades.Cerberus digambarkan sebagai anjing berkepala tiga yang mampu menyemburkan api. Awalnya Ia hanyalah seekor anjing kecil yang lucu namun ketika ia besar, Ia menjadi berkepala tiga dan mampu menyemburkan api.







CHIMERA.

Chimaera ( yunani: Χίμαιρα; Chímaira) adalah makhluk dari mitologi yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor naga atau ular, dan berkepala singa, namun beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Chimaera mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Kadang-kadang Chimaera menjadi lambang kekuatan setan.

Menurut mitologi, Chimaera merupakan puteri dari typhon dan echidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing cerberus dan hydra dari danau Lernae.

Chimaera berhasil dikalahkan oleh belepheron sambil menunggangi pegasus (kuda bersayap), atas perintah Raja iobates dari lycia. Ia mengalahkan Chimaera dengan lembing dan memenggal kepala makhluk itu.




CENTAURUS.

Dalam mitologi yunani, Centaurus ( yunani: Κένταυροι ; Kéntauroi) adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang namun bagian tubuh ke bawah berwujud kuda (manusia-kuda).




 
NYMPH.

Dalam mitologi yunani, Nymph adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Mereka diidentikkan dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas.

Mereka personifikasi dari alam, dan spirit dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat dimana mereka bisa ditemukan. Contohnya: dryad dan hamadryad (Nymph yang tinggal di pepohonan); naiad (Nymph air); oread(Nymph di pegunungan).




GRIFFIN.

Griffin ( yunani: gryphos ; persia: شیردال; shirdal : “singa-rajawali” ) (disebut juga Gryphon) adalah bangsa makhluk legendaris bertubuh singa sedangkan bersayap dan berkepala rajawali. Selayaknya singa sebagai “Raja hewan buas” dan burung rajawali sebagai “Raja di udara”, menjadikan Griffin sebagai hewan yang paling berkuasa atas kedua hal tersebut atau bergelar sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”.










HIPPOGRIFF.

adalah bangsa makhluk legendaris sejenis griffin, yang dilukiskan berwujud setengah burung rajawali setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkawinan antara kuda dengan Griffin.

Hippogriff seperti griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan




KAPPA.

Kappa (河童, Kappa? "anak sungai"), juga disebut Gatarō (川太郎, Gatarō? "anak sungai") atau Kawako (川子, Kawako? "anak sungai") , adalah makhluk sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita jepang. Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama shinto mereka dianggap sebagai salah satu suijin ("dewa air").






UNICORN.

Unicorn adalah makhluk dalam legenda yang wujudnya merupakan kuda dengan sebuah tanduk di dahinya (kata “cornus” dalam bahsa latin dihubungkan dengan kata “horn” yang berarti tanduk). Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi.






 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar